Skip to main content

SINGAPORE: Apa sih bedanya tinggal di Indonesia dan Singapur?

Dear Pembaca,

Sudah lama saya gak nulis-nulis blog, heuu akibat terlalu banyak deadline dan pekerjaan sebagai ibu baru jadinya nulis di blog agak-agak susah, hiks. But...well...akhirnya saya nulis lagi, dududu... *sambil bersiul

Hari ini saya mau berbagai pengalaman saya tinggal di Singapur, kenapa saya berbagi tentang ini? Karena banyak teman-teman yang secara langsung maupun tidak langsung nanya gini “betah gak sih hidup di negara orang?”

Jawabannya?? *ngomong ala fitrop, hehe.

Kalau ditanya gitu saya selalu jawab “betah” meski tentu ada ples minesnya yaaa, berdasarkan pengalaman selama lebih kurang 5 tahun tinggal di Singapur, ini dia perbedaan yang signifikan yang saya rasakan.

1. Gak Bisa Denger Adzan
Duh ini nih yang kerasa banget, kalau di Bandung tiap 5 waktu denger adzan dari speaker di Mesjid—Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib, dan Isya. Nah kalau disini meski ada banyak mesjid tapi kalau adzan speakernya gak boleh keluar, jadi hanya terdengar di dalam mesjid saja. Jadi nikmat mendengar Adzan jadi gak ada deh, padahal biasanya kalau di Bandung, mau pergi kemanapun suara Adzan pasti denger. Untungnya ada aplikasi jadi tetep bisa denger.

2. Harga Makanan, Cita Rasa, Logo Halal.
Ehmmm jangan ditanya deh, makanan disini menurut saya yang gajinya pake rupiah itu mahal-mahal satu porsi 6-9$ standar kalau mau makan di resto kece satu porsi bisa 14-30$. Kalau di Bandung, saya 18rb (kurang dari 2$) saya bisa dapet ayam penyet. Disini ayam penyet sekitar 6-8$ (aka 60-80rb). Eymmm...mahal kan? Huff. Kalau ngomongin soal cita rasa, mungkin karena di Bandung saya udah biasanya makan makanan enak jadinya disini ya saya rasa kurang hakiki, apalagi sekarang bisa pesen pake gofood/grabfood ya jadi kayaknya kenikmatan hakiki yang menggoyang lidah itu emang cuma saya rasakan di Bandung. I love Bandung foreveeerrrrhhhh!! Hehe. Oh ya, disini ada beberapa tempat makan yang menyediakan makanan Indonesia dan Melayu, banyaknya di daerah Orchad. Kalau kangen makanan Indonesia bisa kesana tapi dengan harga yang 2-3x harga di Indonesia tentunya. Jadi daripada beli saya biasanya masak aja biar hemat *ehmm prinsip emak-emak banget yah gue. Tapi....tapi....karena disini ada banyak suku yang tinggal—Chinese, India, Melayu, dan suku lain semacam saya (sundanis campur Sumatra, hehe) jadi Label Halal itu jelas-jelas ada atau tidak di setiap Resto. Jadi kalau mau makan diluar tuh saya lebih awareeee aja lihat logo halalnya ada atau gak, nah kadang-kadang kalau di Bandung saya suka gak merhatiin itu merasa negara mayoritas muslim jadi ngerasa aman-aman aja padahal mah belum tentu juga. 

3. Transportasi dan Kecepatan
Saya kalau di Bandung mau pergi persiapan heboh, janjian jam 11 nih, dari jam 8 udah siap-siap dah—Mandi, sarapan, dandan, dan cuss berangkat jam 9.30. Saya biasanya ngambil 1,5 jam atau 2 jam dari waktu janjian, tergantung tempatnya dimana kalau jauh banget bisa 2,5jam sebelumnya pergi (padahal waktu 2,5jam udah bisa  pergi dari Bandung ke Singapur lho). Alasan ngambil jarak lama yah karena gak pasti, biasanya lancar taunya macet—yang karena kecelakaan lah, yang karena hujan lah, yang karena banjir lah, yang karena demo lah, yang karena ada event atau panggung lah (apalagi kalau weekend yah Bandung tuh rasa Jakarta macetnya ples banyak mobil plat B gitu), belum lagi pulangnya pas jam kerja ulala bisa 2 jam lebih dijalan. Pulang jam 5 sore bisa nyampe jam 8 atau bahkan jam 9, ya itu tadi tergantung apa yang terjadi di jalan. Cerita aja nih, saya tinggal sebelum gede bage dan tau kan kalau perempatan gede bage itu sering banjir?? Nah pernah tuh habis senam hamil di limijati, selesai jam 6 magrib, di perempatan samsat jam 7 malem dan nyampe rumah jam 11.30 malem dong. Amazing kan??? Berapa jam tuh waktu habis dijalan?? Belum lagi pegel, bete bosen, mana lagi hamil, duh pokoknya sengsara banget deh. Huhu. Nah kerasa banget bedanya pas tinggal di Singapur, misal nih, ada seminar di daerah biopolis yang lumayan jauh, saya bisa ambil waktu 1 jam sebelumnya buat berangkat nyampe lokasi 45 menit, 15 menit bisa dipake buat nunggu pembicara dateng. Atau saya mau ke perpus daerah bugis dari tempat saya tinggal deket tuh cuma abisin waktu 15-20 menit aja. Jadi kalau main bisanya saya pergi sehabis dzuhur  sekitar jam 1.30 siang (itu saya udah makan udah solat) dan pulang sekitar jam 5 atau jam 6, bisa Ashar di luar atau di rumah. Nyampe rumah bisa nyantai dulu, terus siap-siap magrib jam 7, terus masak buat suami karena suami pulang kerja nyampe rumah tuh jam 8an. Intinya bisa hemat waktu kalau disini dan waktu di Bandung yang kebuang di jalan itu kalau disini bisa saya pakai buat mandi, buat beres-beres, dan buat nulis.

4. Olah Raga
Mau gak mah kalau disini pasti olah raga, minimal jalan kaki. Mau ke MRT mesti jalan kaki dulu, ke halte bis jalan kali dulu, dari stasiun MRT ke mall atau tempat tujuan jalan kaki dulu belum lagi kalau pindah line. Intinya kalau setiap hari pergi pasti jalan kaki. Kalau di Bandung palingan saya jalan kaki pas keliling mall karena keluar rumah naik kendaraan, keluar mall naik kendaraan. Memang sih di Bandung mah rasa-rasa princess, ada mamang gocar dan grab yang siap dateng nongkrong depan pintu rumah hehe. Disini juga ada taksi online tapi harganya kan beda yaaaa hehe mending naik bis atau MRT bisa lebih hemat *tetep yess

5. Harga Sewa 
Ini yang paling mencekik, harga sewa flat satu kamar disini kita sewa 1100$ per bulan lhooo bukan pertahun, kalau di Bandung bisa buat cicil 1 rumah dan 1 mobil atau ada bisa buat ngontrak rumah 1 tahun. Disini? Flat satu kamar aja. Bahkan flat kita ini keitung murah karena lokasi strategis banyak bis dan dekat MRT eunos, jalan kaki ke pasar Geylang Serai, jalan kaki  ke super market, ke mall jalan kaki doang, dan ada disekitar daerah Melayu yang mayoritas muslim. Terus kalau mau ke bugis deket naik 1x bis, ke sentosa 1x bis, ke Orchad 1x bis, ke bandara Changi 1x bis. Intinya lokasi tempat saya tinggal ini enak, mana yang punya orang Melayu baik lagi. Harga segitu udah termasuk—air, listrik, internet, dan seminggu sekali dibersihin sama mbaknya.

6. Harga Tiket Atraksi
Kalau di Bandung saya jalan ke farm cuma bayar 25rb, ke taman begonia 10rb, kesana kesini harganya murah meriah dan tempatnya kece kalau disini harganya mayan yess, misal nih kebun binatang dibagi 4: river safari, night safari, Singapore Zoo, bird park yang masing-masing bayar sekitar 25-30$. Masuk ke garden by the bay (flower dome & Cloud forest sekitar 24-28$). USS sekitar 70$, sea Aquarium sekitar 30-40$ tergantung paket. Yah intinya mayan menguras kocek deh, meski ada juga beberapa yang gratis yah dan bagus juga tempatnya.

7. Mushola
Jangan mikir kayak di mall-mall di Bandung yang ada mushola nya yah. Disini nyaris gak ada, kalau mau sholat yah ke mesjid. Itulah kenapa saya sering pergi sehabis dzuhur dan pulang masih bisa ashar. Bersyukur banget kalau ngemall di Bandung tuh masih bisa di ibadah juga. Tapi kalau di Changi ada khusus prayer room, lokasi bisa ditanya ke petugasnya, pan kapan saya review juga deh

8. Nursery Room
Setelah punya anak, saya baru tau kalau nursery room itu PENTING BANGET. Nah enaknya disini, setiap mall dan lokasi-lokasi umum seperti bandara dan perpus ada nursery roomnya. Ruangannya, enak bersih, besar, menyusui di kabin-kabin tersendiri, pokoknya nyamaaannn. Jadi kalau si baby mau nyusu saya langsung lari ke nursery room, enak deh pokoknya. Nah kalau di Bandung baru ada beberapa aja nursery room, contohnya yang saya tahu di PVJ dan Ciwalk itu juga sepetak doang. Di bandara Husein malah saya gak tau ada atau gak. Padahal penting banget lho ada nursery room, jadi kalau baby mau ganti popok gak repot tuh.

9. Kolam Renang
Ya ampun disini tuh banyak banget kolam renang, meski gak kayak di Indonesia banyak arena bermainnya, tapi disini bersih banget apalagi toiletnya enak banget dan yang amazing adalah MURCE saudara-saudara only $1 - 1,5 aja aka 10.000 - 15.000 an dan bayarnya di tape pake kartu buat MRT (ez ink)

Nah, kayaknya segitu dulu yah bahasan kita, mungkin nanti kalau ada lagi bisa saya tambahin. Jika ada kurangnya saya mohon maaf, jika ada baiknya itu datang dari Allah SWT. Makasih yah udah sempetin baca, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. 

Comments

Popular posts from this blog

SINGAPORE: Kartu travel anak, gratis untuk usia 7 tahun ke bawah

Seperti kita ketahui, Singapura adalah salah satu negara dengan sistem transportasi yang sangat baik. Semuanya sudah diatur dengan rapi, salah satunya penggunaan kartu travel untuk anak usia 7 tahun ke bawah. Jadi kalau anaknya masih usia 7 tahun ke bawah dengan tinggi 0.90 meter sampai 1.20 meter maka biaya untuk MRT, LRT, dan Bus itu gratis caranya dengan membuat kartu CHILD CONCESSION CARD. Sumber:  https://www.transitlink.com.sg / Misalnya nih lagi mau traveling ke Singapura terus punya anak yang usia lebih dari 7 tahun berapapun tingginya udah bayar ya tinggal beli aja kartu travelnya sama seperti orang dewasa, tapi kalau  punya anak dengan tinggi sekitar 0.90 sampai 1.20 meter tapi usianya masih di bawah 7 tahun maka harus membuat child concession card. Gratis kok gak bayar dan gak perlu top up. Itu kartunya cuma di tap aja sebagai tanda kalau anaknya masih berusia di bawah 7 tahun ke bawah. Gimana cara bikinnya? Gampang kok tinggal dateng ke   TransitLink Ticket Office  yang ada

SINGAPORE: Mau Masuk Singapura? Isi Kartu Embarkasi dulu!

Untuk orang Indonesia, masuk ke Singapura tidak perlu menggunakan Visa karena sesama negara Asia Tenggara itu bebas Visa.  Tapi, saat masuk negara Singa ini, kita perlu mengisi kartu Embarkasi. Biasanya kartu embarkasi diberikan di dalam pesawat oleh pramugari. Tapi kadang-kadang stok habis sehingga harus ngambil langsung di bandara Changi, ngambilnya disini: Gambar 1. Tempat ambil kartu embarkasi, lokasinya di Arrival Immigration Hall Gambar 2. Kartu embarkasi Kartu Embarkasi bentuknya kayak gini: Gambar 3. Kartu Embarkasi bagian depan Gambar 4. Kartu Embarkasi bagian belakang Full Name in Passport = Nama Lengkap sesuai Paspor (harus sama dengan paspor ya) Passport Number = Nomor Paspor (lihat dipaspor masing-masing) Place of Residence = Tempat tinggal (Kamu di Indonesia tinggal dimana) terdiri dari city-state-country. City = kota (kota tempat tinggal, misal Bandung) State = provinsi (misal West Java) Country = negara (misal Indonesia) Flight

MOM'S STORY: Pengalaman pertama mengkhitan bayi

Tanggal  13 Agustus 2018 (tepat umur ci baby 3 bulan) k ami memutuskan untuk mengkhitan bayi kami dengan beberapa pertimbangan dan rekomendasi dokter anak kami— Prof. Dr. Dadang S.H. Efendi. dr., Sp.A.(K) —di rumah sakit Limijati. Sebenarnya bisa dilakukan dirumah sakit Limijati tapi karena dokter bedah anaknya sedang cuti sehingga Prof Dadang merekomendasikan untuk sunat ke  Prof. DR. Dr. Chairul Ismael, SpB.,Sp.BA.(K) yang praktek di Apotek Cihampelas, alamatnya di: Jalan Cihampelas No.41 A, Tamansari,  Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40562 Meski diberi surat rujukan oleh Prof Dadang, saya inisiatif menelepon apotek Cihampelas terlebih dahulu (nomornya 022-4239976), lalu oleh pihak apotek cihampelas saya diberi nomor perawat asisten Prof Chairul. Asistennya kemudian menjelaskan apa saja yang harus saya persiapkan, diantaranya: Kain bedong Botol dot 2pcs diisi ASI Popok/diapers, 1 ukuran dari normal (baby saya ukuran popoknya S, direkomendasikan M. Tapi saya inis